Sabtu, 19 April 2014

Rangkaian komparator sederhana

Assalamualaikum., wr,wb

Udah lama gak ngeblog., ampe lupa gmn cara'y ngeblog. hahaha...
Sekarang saya akan ngebahas sedikit tentang yang sederhana dari elektronika., yaitu rangkaian komparator
mengapa saya ambil tema ini, karena dari rangkaian komparator kita bisa banyak membuat aplikasi rangkaian utk robotika, seperti membuat sensor garis, sensor api, sound aktivation, dll.
Oke langsung aja.,

Komparator adalah komponen elektronik yang berfungsi membandingkan 2 nilai kemudian memberikan hasil  mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil. komparator bisa dibuat dari konfigurasi open-loop Op Amp. Jika kedua input pada Op Amp pada kondisi open-loop, maka Op Amp akan membandingkan kedua saluran input tersebut. Hasil dari komparasi dua tegangan pada saluran masukan akan menghasilkan tegangan saturasi positif (+Vsat) atau saturasi negatif (-Vsat).

Sebuah rangkaian komparator pada Op Amp akan membandingkan tegangan yang masuk pada satu saluran input dengan tegangan referensi. Tegangan output berupa tegangan high atau low sesuai dengan perbandingan Vin dan Vref. Berikut adalah rangkaian komparator sederhana.


Gambar 1. Rangkaian Komparator sederhana

Vref di hubungkan ke +V supply, kemudian R1 dan R2 digunakan sebagai pembagi tegangan, sehingga nilai tegangan yang di referensikan pada masukan + op-amp adalah sebesar :
Vref = [R1/(R1+R2) ] * Vsupply
Op-amp tersebut akan membandingkan nilai tegangan pada kedua masukannya, apabila masukan (-) lebih besar dari masukan (+) maka, keluaran op-amp akan menjadi sama dengan – Vsupply, apabila tegangan masukan (-) lebih kecil dari masukan (+) maka keluaran op-amp akan menjadi sama dengan + Vsupply.
jadi dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa:
* Jika input non inverting (V+) >  input inverting (V-) maka Vout = Vsat+
* Jika input non inverting (V+) <  input inverting (V-) maka Vout = Vsat-
Untuk jenis IC Op-Amp yang biasa digunakan pada rangkaian komparator yaitu LM324,LM339,danLM393.

Oke saya kira cukup penjelasan tentang rangkaian komparator sederhana., 
untuk aplikasi dari rangkaian komparator seperti sensor garis, sensor api, dan sound aktifasi nanti saya Posting di blog saya., 

Referensi:
http://madelektro.blogspot.com/2013/04/komparator-op-amp.html#.U1NZU6h_uul
http://palleko.blogspot.com/2012/06/rangkaian-komparator.html

1 komentar: