Minggu, 20 April 2014

DIY Sound Activation

Assalamualaikum.., wr.,wb.

Pada postingan sebelumnya yaitu Rangkain Komparator saya menyebutkan salah satu aplikasi dari rangkaian komparator adalah membuat sound activation., nah kali ini saya akan mencoba ngeshare rangkaian sound activation.,

Dalam dunia robotika khususnya perlombaan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) sound activation digunakan untuk menghidupkan / mengaktifkan robot. karena jika menggunakan alat ini maka mendapat bonus dalam sistem penilaian.

Berikut rangkaian dari sound activation yang pernah saya buat.,


Gambar 1. Rangkaian Sound Activation

Dari rangkaian diatas mic condensor berfungsi sebagai penerima sinyal suara yang dirangkai menjadi pembagi tegangan, kemudian tegangan dari mic condensor masuk ke input inverting (V-) IC LM324 / LM393. Kemudian trimpot untuk mensetting nilai tegangan input non inverting / tegangan refrensi (V+) dalam hal ini digunakan sebagai sensitivitas mic condensor. Tegangan output dari komparator masuk ke port mikrokontroler dan diberi indikator led. Setelah di uji coba mic condensor ketika mendeteksi suara, lampu indikator led menyala atau logika High (1). sedangkan jika mic condensor tidak mendeteksi suara, lampu indikator led tidak menyala atau logika low (0). 

Trimpot yang digunakan sebaiknya jenis multi turn, hal ini dikarenakan agar sensitivitas dari mic condensor bisa diatur sebaik mungkin. berikut jenis trimpot multi turn yg digunakan.



 Gambar 2. Trimpot Multi turn

Sound activation ini masih memiliki kekurangan yaitu jarak suara yang diterima tidak terlalu jauh. sehingga harus di tambah dengan rangkaian penguat.

Oke sampai disini dulu, dan berikut video uji coba sound activation yang saya buat.,

2 komentar:

  1. mas ini kira kira bisa nerima sampai frek berapa hz?

    BalasHapus
  2. pakai tegangan brp v ya ? itu di PCB R ada 3,sedangkan di rangkaian kok cuman 2 ya ?

    BalasHapus