Rabu, 04 Januari 2012

Rangkaian Minimum System AVR


Assalamualaikum..,

Saat’y posting mengenai mikrokontroler, disini ane mau coba share rangkaian mikrokontroler jenis AVR. Mungkin bagi sebagian orang yang sudah terjun di dunia robotika hal ini adalah biasa, tapi bagi orang yang ingin mau belajar tentang mikrokontroler  semoga bisa bermanfaat. Aaammiiiiinn…!! 

Bagi pemula / newbie, Rangkaian minimum system ane mungkin agak sedikit kompleks coz rangkaian ini merupakan main controller untuk line follower robot yang pernah ane bikin. So, kalo ada yang bigung pada rangkaian ini silahkan aja koment, Ok..!!
Langsung ja ini gambar Rangkaian Minimum System AVR :
Gambar Rangkaian Minimum System AVR
 
 Dari gambar diatas berikut spesifikasi’y :
1.       1.Mikrokontroler 40 Pin (ATMega8535 / ATMega 16 / ATMega 32.
2.       2.Kristal 8 Mhz
3.       3.IC Regulator LM7805
4.       4.Port LCD
5.       5.Tombol push-button
6.       6.Buah kapasitor keramik 22 pf
7    7.PORT ISP untuk Download
8.       8. Tombol reset
9.       9. Dll.

Dalam menggambar / desian rangkaian skematik minimum system AVR saya menggunakan Protel DXP. Jadi kalo mau file’y skematiknya (.schdoc) silahkan saja comment dan kasih email’y nanti saya akan kasih GRRAATTIISSS..!!!

Ohya satu lagi, ane akan memberikan sedikit tambahan tentang Mikrokontroler AVR. Mikrokontroler yang ane bahas ini yaitu ATMega 16

1. Memory.








  

Dari tulisan diatas dapat dilihat ukuran Flas memori = 16K flash, EEPROM = 512 Bytes, Sram = 1K Byte.  Nah dari ketiga memori tsb ane akan coba jelaskan sedikit apa beda’y :

#     Flash Memori  merupakan lokasi penyimpanan program yang kita buat, File’y bertipe (.hex) file ini merupakan hasil compile pada program yang kita buat dan nantinya program tersebut akan dimasukkan ke mikrokontroller melalui alat yang disebut downloader. Pada mikrokontroler ATMega16 terdapat Flash memori yang mampu menampung data sebanyak 16KB, sedangkan untuk ATMega8535 sebanyak 8 KB, dan ATMega 32 sebanyak 32 KB.

#    EEPROM merupakan suatu penyimpanan data yang tidak hilang walaupun system dimatikan. Pada mikrokontroler ATMega16 dan ATMega 8535 terdapat EEPROM yang mampu menampung data sebanyak 512 Bytes, sedangkan untuk ATMega32 sebanyak 1024 Bytes.

#    SRAM merupakan memori aktual dari mikrokontroler AVR. Di sinilah tempat menyimpan variabel-variabel selama mikrokontroler beroperasi. Pada mikrokontroler ATMega16 terdapat SRAM yang mampu menampung data sebanyak 1 KB, sedangkan untuk ATMega8535 sebanyak 512 KB, dan ATMega 32 sebanyak 2 KB.

2. Tegangan Kerja dan Kristal

 
 
Dari tulisan diatas terdapat tulisan tentang tegangan operasi pada mikrokontrel ATmega 16L dan ATMega16, untuk ATMega16L tegangan operasi Low voltage yaitu mampu bekerja pada tegangan antara 2.7 sampai 5.5 V. Sedangkan untuk ATMega16 hanya mampu bekerja pada tegangan antara 4.5 sampai 5.5 V. 
Kemudian untuk Frekuensi, pada tulisan diatas frekuensi maksimal yang boleh digunakan pada ATMega16L hanya 8MHz, berbeda dengan ATMega16 yang memiliki frekuensi maksimal 16MHz.
Dari 2 jenis mikrokontroler ATMega16 dan ATMega16L terdapat kelemahan dan kekurangan’y akan tetapi sekarang ini ada penyempurnaan dari kedua jenis mikrokontroler tersebut yaitu seri ATMega16A.


Nah dari keterangan diatas dapat dilihat tegangan kerja dari mikrokontroler ATMega16A yaitu 2.7 sampai 5.5 V. sedangkan untuk frekuensi Kristal yaitu : 0 sampai 16 MHz.
   
         3. Kapasitor XTAL.
Nah., untuk kasus yang ini ane pernah di tanya sama dosen pembimbing ketika mendesain main controller di robot, dia menanyakan “kenapa kok di Kristal kamu pasang kapasitor dengan nilai 22pf” yaudah ane jawab “berdasarkan datasheet Pak. (Alasan yg Aman dan Masuk akal) hehe...!!, Dan berikut keterangan datasheet tentang kapasitor di XTAL:

Ok. Menurut ane udah cukup tentang rangkaian minimum system AVR, Smoga bermanfaat., klo da yang kurang jelas komen ja, OK…!!!

10 komentar:

  1. boz kalo pakek atmel 16a sma atmega 8535 pa untung ruginx?

    BalasHapus
  2. saya minta yg minimum sistem dong softcopynya...ni email saya. eyiicute@gmail.com. makasih

    BalasHapus
  3. artikelnya bagus gan , aneh udah keliling keliling nyari refrensi tuk robot line follower dan untuk lebih jelasnya untuk ane yg masih blajar ini bisa kirim softcopynya ke emaail rxsahwawi737@gmail.com , makasih sebelumnya gan ..

    BalasHapus
  4. om saya mau dong sketsa protel nya...dwijayantowibowo@gmail.com

    BalasHapus
  5. sangat membantu sekali artikelnya. Saya minta soft copynya schematik , email packtry@yahoo.com

    BalasHapus
  6. bermanfaat sekali, bisa minta softcopynya, email saya bagus_dwikurniawan@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. Keren, boleh minta softcopynya, emailnya sandra.miharja@gmail.com

    BalasHapus
  8. saya minta sisminnya gan boleh dikirm di emailku ryan01281994@gmail.com
    kalau bisa sama programnya agar saya bisa mempelajarinya
    makasih sebelumnya gan dan sukses selalu

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mantap mas , boleh minta file softcopynya yogamahendrafirnanda@gmail.com

    BalasHapus