Senin, 02 Januari 2012

My Final Project...!!!

Final Project atau bahasa indo'y mah Tugas akhir / Skripsi. Disini ane mau share tentang skripsi coz menurut temen, skripsi ane sangat menarik untuk dibahas khususnya tentang dunia robotika.

Ok langsung aja, Judul skripsweet ane yaitu
"Prototipe Robot Pengikut Garis untuk Memindahkan Barang Menggunakan Sensor LDR Sebagai Pemilih Warna dan Sensor Ultrasonik Sebagai Deteksi Objek."  
Gimana panjang banget kan Judul'y..!! hehehe,,,  tapi klo di translate ke bahasa Inggris jadi lebih pendek yaitu  
"Prototype Line Follower Robot for Moving Box Based on LDR and Ultrasonic Sensor as a Colour and Detection Object." Gimana cukup Simpel kan. hohoho..!! 

Apa aja sih., yang dibahas pada Robot itu..?? eitss.. nanti dulu mendingan kita liat penampakan dari Robot skripsi ane. cekidot:

Gambar 1. Robot P2MoRo(PituMoRo).

Robot ane dinamakan P2Moro (PituMoRo) karena kepanjangan dari Pick and Place Mobile Robot. yang artinya Robot mobil pemindah barang. 

Misi dari Robot ini yaitu memindahkan dan menyortir / menyeleksi barang (Box) berdasarkan warna dengan paduan berupa garis. 

Jadi robot pertama - tama berjalan mengikuti garis menuju ke tempat pengambilan barang, setelah itu robot akan mendeteksi apakah ada barang atau tidak, jika ada barang maka robot akan menurunkan lengan gripper untuk mengambil barang tp sebelum mengambil barang robot mendeteksi warna terlebih dahulu. jika warna sesuai maka robot akan memindahkan barang tersebut berdasarkan warna yg terdeteksi tadi.

Nah, dari Penjelasan diatas bisa di bayangkan apa aja sih yg menarik untuk di bahas..!! Oke langsung aja:
1. Bagaimana Robot Mengikuti Garis (Line follower robot)
2. Bagaimana Robot Mendeteksi Barang.
3. Bagaimana Robot Mendeteksi Warna.
4. Bagaimana Robot Menggerakkan Lengan Robot menggunakan Motor Servo.

Kemudian dari kesemua Item diatas, untuk para newbie / pemula mungkin saya akan membahas yang basic2 dahulu seperti:
1. Membuat Rangkaian Minimum System Microcontroller.
2. Membuat Driver Motor + Program untuk mengatur kecepatan motor.
3. Sensor Garis
4. Program akses LCD
5. Dasar program ADC.
6. Akses program Sensor Ping)) 
7. dll.

Hmmm.., tapi dari kesemua Item diatas saya gak akan bahas Sekarang, di karenakan suatu kesibukan(alasan) hehe,,. akan tetapi saya janji akan bahas secara Bertahap. so, tongkrongin terus blog ane.Oke..!! 
sebagai hiburan mendingan liat video perform dari Robot Pitumoro. check this out..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar